Sasaran
|
Strategi
|
- Peningkatan sarana dan prasarana perkuliahan dan praktikum yang memenuhi standar guna menunjang pengetahuan dan skill mahasiswa
Tahun 2014 = 50%
Tahun 2019 = 75%
Tahun 2024 = 100%
|
- Pengajuan proposal pembangunan sarana/prasarana dan proposal pengadaan alat dan bahan praktikum secara berkala setiap tahun
- Peningkatan penggunaan media pembelajaran dalam perkuliahan dan penggunaan instrumen dalam praktikum
|
- Peningkatan sistem pengajaran dan pendidikan hingga memenuhi Standar Mutu Pendidikan Tinggi (SMPT) dan ISO
Tahun 2014 = 50%
Tahun 2019 = 75%
Tahun 2024 = 100%
|
- Monitoring dan evaluasi perkuliahan per semester dengan pengawasan dari Unit Penjaminan Mutu tingkat Fakultas maupun Gugus Penjaminan Mutu tingkat jurusan/program studi
|
- Peningkatan jumlah partisipasi mahasiswa pada berbagai kegiatan kemahasiswaan, baik yang berskala lokal, nasional maupun internasional
Tahun 2014 = 12,5%
Tahun 2019 = 25%
Tahun 2024 = 50%
|
- Penyediaan bantuan dana kegiatan kemahasiswaan yang dikelola di tingkat Fakultas
|
- Peningkatan jumlah mahasiswa yang mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian tingkat nasional antar mahasiswa
Tahun 2014 = 3,5%
Tahun 2019 = 7%
Tahun 2024 = 15%
|
- Pelatihan dan pembimbingan penulisan proposal penelitian dan pengabdian oleh mahasiswa setiap tahun seperti proposal PKM-P, PKMM, dan PKM-K
|
- Peningkatan nilai indeks prestasi (IP) mahasiswa per semester
Tahun 2014 = 3.00
Tahun 2019 = 3.10
Tahun 2024 = 3.25
|
- Pelaksanaan semester antara yang berkualitas dan penguatan peran dosen wali dalam melakukan pembimbingan akademik
|
- Peningkatan penguasaan bahasa inggris mahasiswa
|
- Penggunaan referensi perkuliahan dan praktikum berbahasa inggris, pembentukan klub bahasa inggris di lingkungan mahasiswa dan kewajiban memenuhi syarat kelulusan ujian sarjana dengan skor minimal TOEFL 450
|
- Peningkatan penguasaan penggunaan komputer bagi mahasiswa
|
- Penggunaan berbagai macam software dikalangan mahasiswa seperti Microsoft office, SPSS dan software kimia komputasi, baik dalam perkuliahan, praktikum maupun penelitian
|
Sasaran
|
Strategi
|
- Peningkatan proporsi jumlah dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan S2, S3 dan Guru Besar
S2
Tahun 2014 = 90%
Tahun 2019 = 100%
S3
Tahun 2014 = 0%
Tahun 2019 = 30%
Tahun 2024 = 70%
Guru Besar
Tahun 2019 = 0%
Tahun 2024 = 30%
|
- Menyusun proyeksi dan rencana pengembangan tenaga pendidik (carrier planning)
- Mendorong tenaga pengajar untuk mengikuti seleksi program beasiswa S2/S3 baik dari pemerintah maupun non-pemerintah
|
- Peningkatan proporsi dosen yang memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal terakreditasi nasional dan/atau internasional
Tahun 2014 = 7,5%
Tahun 2019 = 15%
Tahun 2024 = 30%
|
- Memberikan insentif untuk pembiayaan kepada dosen yang memiliki publikasi pada jurnal terakreditasi
- Memberikan penghargaan (reward) kepada dosen yang memiliki publikasi nasional terakreditasi
dan/atau bereputasi internasional
- Membangun jejaring dengan lembaga pengelola jurnal terakreditasi nasional dan/atau bereputasi internasional
- Mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan atau bereputasi internasional
|
- Peningkatan jumlah penelitian dosen yang berorientasi paten
Tahun 2014 = 0%
Tahun 2019 = 15%
Tahun 2024 = 30%
|
- Mengikuti pelatihan untuk pengajuan HaKI dan paten
- Pengajuan proposal penelitian
berpotensi paten
|
- Peningkatan proporsi jumlah dosen yang melakukan pengabdian kepada masyarakat
Tahun 2014 = 7,5%
Tahun 2019 = 15%
Tahun 2024 = 30%
|
- Menekankan kepada dosen untuk menyusun implikasi hasil penelitian dalam bentuk pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
|