Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat: Pelatihan dan Penyuluhan Cara Pembuatan Sabun Antibakteri Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Alam Lokal

Kegiatan pengabdian PKM dilakukan di SLB Negeri 1 Kota Palu. Kegiatan ini bertujuan memberi pelatihan dan penyuluhan kepada guru-guru SLB berkaitan dengan sabun antibakteri. Pelatihan dilakukan pada tanggal 04 Mei 2019, di SLB Negeri 1 Kota Palu. Pelatihan ini mengajarkan cara membuat sabun antibakteri dengan memanfaatkan sumber lokal setempat yaitu minyak kelapa dan minyak kelor.

Kegiatan Penyuluhan dilakukan pada tanggal 24 Juni 2019 di SLB Negeri 1 Kota Palu. Dalam penyuluhan ini, guru-guru SLB diberikan materi berkaitan dengan manajemen usaha, peluang usaha dan pengenalan sediaan kosmetik (sabun). Manajemen usaha yang meliputi empat bagian yaitu, produksi, keuangan, pemasaran dan sumber daya manusia. Peluang usaha dan pengenalan sediaan kosmetik (sabun) meliputi tantangan dalam usaha, jenis-jenis sediaan kosmetik, persyaratan peredaran kosmetik, dan instansi pengawasan peredaran kosmetik. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah.

Monitoring dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 27 Juli 2019 di SLB Negeri 1 Kota Palu. Monitoring ini bertujuan untuk mengevaluasi dari pelatihan dan penyuluhan yang sudah diberikan. Pada monitoring ini, guru-guru SLB membuat sabun sendiri tanpa arahan dari tim pengabdi. Tujuan kegiatan ini agar guru-guru SLB mampu membuat sendiri sabun antibakteri sehingga dapat mengajarkan siswa-siswi SLB untuk membuat sabun antibakteri tersebut.

(AW/AS)

Updated: April 20, 2020 — 1:05 pm
Jurusan Farmasi © 2017 Frontier Theme