Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Farmasi Di Awal Tahun 2019

Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan, Konsultasi Kesehatan, dan Sosialisasi Kesehatan

Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Tadulako, pada Minggu, 17 Februari 2019, telah melakukan pemeriksaan kesehatan (kadar asam urat dan glukosa), dan memberikan informasi terkait pengendalian asam urat dan hiperglikemia; serta melakukan sosialisasi kesehatan berupa pengenalan Farmasi, melalui sosialisasi cerdas menggunakan obat, tanya obat kepada Apoteker dengan Ayo Tanya Lima O, dan Keamanan Produk Pangan di Kelurahan Kampal dan Desa Matolele Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan pengabdian dapat terlaksana dengan baik, berkat dukungan dari Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Tadulako, pihak Pemerintah Daerah Parigi Moutong, serta kerjasama yang baik dari tim pengabdian. Melalui kegiatan ini, diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat Kelurahan Kampal dan Desa Matolele Kabupaten Parigi Moutong dalam menjaga kesehatan khususnya kadar asam urat dan glukosa; dan bertambah pengetahuannya dalam menggunakan obat dan dapat selalu berkonsultasi kepada Apoteker bila menerima obat; serta bertambah pengetahuannya tentang keamanan produk pangan.

Kegiatan Sosialisasi Bahaya, Tanda, Pencegahan, dan Pengobatan Cacingan

Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Tadulako, pada Sabtu, 30 Maret 2019, telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada siswa di beberapa Sekolah Dasar Negeri (SDN 2, SDN 3, SDN 17, SDN 22 dan SDN 23) di Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Kegiatan berupa pemberian materi tentang bahaya cacingan, tanda-tanda cacingan, cara pencegahan cacingan, dan cara pengobatan cacingan. Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian materi dan praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), melalui materi dan praktik cuci tangan dan cara sikat gigi yang benar. Pada kegiatan ini dilakukan penyerahan sumbangan berupa perlengkapan higienitas pribadi (sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, gayung, dan pemotong kuku). Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para siswa dan siswi terhadap kesehatan, serta paham cara mencegah bahaya cacingan melalui perilaku hidup bersih dan sehat.

Aksi Susur Sampah dan Penanaman Pohon di Hutan Kota Palu

Sehubungan dengan peringatan Hari Bumi, Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Tadulako, pada Sabtu, 20 April 2019, turut berpartisipasi dalam kegiatan aksi susur sampah dan penanaman pohon di sekitaran hutan Kota Palu. Kegiatan ini melibatkan Dosen Farmasi, Mahasiswa Farmasi, Himafar, Komunitas Turun Tangan Kota Palu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, dan masyarakat sekitar.

(AW)

Updated: 26 March 2020 — 6:30 am
Jurusan Farmasi © 2020 Kontak Kami