Pelatihan Pembuatan Lulur Berbahan Dasar Beras Hitam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Huntap Palu

Sebagai wujud pengamalan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat maka pada kesempatan kali ini KBK Teknologi Farmasi Jurusan Farmasi FMIPA UNTAD melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berlokasi di Sekolah Luar Biasa (SLB) Huntap Palu, pada hari Senin Tanggal 14 Agustus 2023. Peserta kegiatan pengabdian yang merupakan bapak dan ibu guru yang mengajar di SLB tersebut diberikan “Pelatihan Pembuatan Lulur Berbahan Dasar Beras Hitam”.

Pengabdian ini dilakukan berlatar belakang tingkat pengangguran pada masyarakat yang cukup tinggi, khususnya bagi mereka yang tergolong anak berkebutuhan khusus. Karena itu, mengajarkan suatu keterampilan kepada mereka sangat penting untuk dilakukan salah satunya adalah keterampilan dalam membuat sediaan farmasi yaitu Lulur dengan menggunakan metode yang sederhana. Namun, tim pengabdian tidak secara langsung mengajarkan dan memberikan pelatihan kepada siswa – siswi berkebutuhan khusus tersebut, melainkan melalui bapak dan ibu guru. Diharapkan para guru SLB Huntap Palu yang sudah mengikuti pelatihan ini dapat mengajarkan kepada murid-muridnya bagaimana cara membuat lulur beras hitam sehingga mereka mempunyai kompetensi dan keterampilan tambahan.

Selain memberikan pelatihan membuat lulur, dilakukan pula “Pelatihan Pembuatan Masker Wajah” dengan menggunakan bahan dasar yang sama yaitu Beras Hitam.

Updated: 19 September 2023 — 11:07 am
Jurusan Farmasi © 2020 Kontak Kami