Farmasi UNTAD mendatangkan Guru Besar dan Dosen Farmasi Universitas Hasanuddin dalam Kuliah Tamu

Pada hari Selasa, 7 November 2023, Jurusan Farmasi FMIPA UNTAD melaksanakan kuliah tamu Bersama guru besar dan dosen farmasi Universitas Hasanuddin Makassar. Kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa farmasi Angkatan 2021 dan dosen jurusan farmasi. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu dan memberikan inspirasi judul bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian pada semester selanjutnya. Kegiatan dibuka oleh bapak Dr. Lufsyi Mahmudin, S.Si., M.Si selaku dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh narasumber.

Materi pertama dibawakan oleh bapak Dr. A. Ilham Makhmud dengan judul “Social Pharmacy : Perspective and Trend”. Farmasi sosial merupakan sub disiplin ilmu farmasi yang berfokus pada interaksi antara obat dan masyarakat. Farmasi sosial sedang menjadi tren saat ini, hal ini dibuktikan dengan banyaknya jurnal ilmiah yang dipublikasikan berkaitan dengan bidang farmasi sosial. Tren penelitian dibidang farmasi sosial disebabkan karena biaya penelitian yang relatif murah dan memerlukan kemampuan analisis. Riset di bidang farmasi sosial mencakup penggunaan inovasi teknologi pada farmakologi dan optimalisasi terapi obat, masalah terkait penggunaan obat di masyarakat (DRPs), Farmakoekonomi dan Farmakoepidemiologi.

Materi selanjutnya oleh Prof. Dr. rer.nat.apt. Marianti A. Manggau dengan judul “Prospektif pengembangan obat anti kanker berbasis bahan laut”. Tidak hanya menyediakan beragam kebutuhan pangan, laut Indonesia juga memiliki kekayaan berupa senyawa yang terdapat pada organisme laut. Salah satunya adalah senyawa anti kanker. Misalnya senyawa Fucoidan yang berasal dari alga coklat. Berdasarkan hasil penelitian, senyawa ini memiliki aktivitas antikanker karena memiliki efek antiangiogenic, supremasi matrix metalloproteinases (MMPs), meningkatkan respon imun dengan cara meningkatkan aktivitas fagositosis, dan induksi apoptosis.

Updated: 23 November 2023 — 12:59 pm
Jurusan Farmasi © 2020 Kontak Kami